Sunday, May 29, 2011

The Sountrack Of Your Life : Pelajaran Dari Setangkai Mawar



"jangan mengagumi mawar karena warnanya dan jangan membencinya kerana durinya"



Sepenggal kalimat yang aku dapatkan dari sebuah blog yang berisi kisah inspiratif beberapa taun yang lalu. Kata-kata itu sampai sekarang masih saja terngiang dalam pikiranku. Dan masih terus aku cari makananya.

Dalam cerita yang ditulis dib log tersebut, betapa penulis sangat menyesal karena hanya melihat seseorang dari pandangan seklas dan atas pengalaman buruk masa lalu yang kemudian membauanya berprasangka buruk pada orang yang mememuinya kala itu.

Kemudian aku teringat beberapa kejadian yang hamper sama dengan apa yang dialami oleh penulis dalam blog tersebut. Peristiwa yang diawali dengan berburuk sangka hanya karena sebuah peristiwa masa lalu yang membuat “trauma”.

Sebagai seorang TKI di Malaysia, tentu tidak heran lagi dengan penampilan sebagian besar teman-teman TKI cowok yang terkesan amburadul. Dengan pakaian yang saya bilang “entah” dan dengan potongan rambut panjang sehingga mencerminkan sifat gahar dan menakutkan. Dan itulah yang saya alami selama kurun waktu 2006-2007 di Malaysia. Bahkan dengan teman-teman seperantauan di Malaysia saya merasa ketakutan. Teringat kembali beberapa keeping memori saat saya bersinggungan dengan mereka, tentu saja pengalaman yang “menakutkan” dalam tanda petik.

Pernah suatu kali saat saya dan 3 orang teman hendak bepergian dengan angkutan umum di sana kami bersinggungan dengan dua orang rekan TKI, walaupun kami tak mengenal tapi sedapat mungkin kami bersikap sopan, walaupun terkesan cuek. Tapi apa yang terjadi? Dua orang yang berpenampilan sangar dengan seenaknya membentak kami yang tak merasa berbuat apa-apa. Kata-kata kasar akhirnya meluncur dan membuat kami ketakutan.

Kejadian kedua, lagi-lagi di angkuatan umum, saat aku pulang dari belanja. Eh, ternyata ada segerombolan mereka yang naik bus yang sama denganku. Sampai-sampai bus itu penuh dengan gerombolan mereka. Hampir semuanya berambut panjang, ada yang lurus, ada yang panjang mengembang, ada yang diurai, ada juga yang diikat, (aku merasa rambutku kalah sama rambut mereka).  Takut. Ya, tentu saja aku dan temanku seorang lagi ketakutan. Dalam otak kami sudah tertanam rasa tidak nyaman jika melihat mereka, inikan lagi berada di tngah-tengah mereka, benar-benar di tengah. 
Mereka ngobrol dengan sesama mereka, dengan kata-kata khas (maaf, bukan bermaksud SARA) Jawa Timurannya yang terkesan kasar di telingaku. Kata-kata kasar termuntah begitu saja disela obrolan mereka. Sedikit kudengar salah satu diantara mereka yang nyeletuk, “podo-podo wong nJowo ae kok sombong.” Kalimat yang ditujukan untukku dan temanku yang mereka bilang sombong, padahal sama-sama orang Jawa. Sebenarnya bukan niat bersikap sombong tapi melihat sikap dan tingkah serta penampilan merekasaja sudah membuat kami ketakutan. Apalagi dengan gaya “nakal” menambah rasa tidak nyaman. Jadi, bagaimana mau bersikap ramah atau sok akrab dengan mereka. Perjalanan yang hanya sepuluh menit itu menjadi terasa lama sekali buatku. Waktu hampir sampai di bus stop tempatku buru-buru aku memencet tombol tanda minta bus berhenti. Tapi terlambat, salah satu dari mereka telah menekannya lebih dahulu. Dan itu berarti mereka turun di tempat yang sama dengan tempatku. Memang tempatku komplek makanan Indonesia, jadi seringkali TKI-TKI yang datang ke kawasan ini.
Turun dari bus, masih saja aku berada di antara gerobolan mereka yang jumlahnya kuperkirakan lebih dari 20 orang, seolah-olah aku dan kawanku bagian dari mereka. “iki bocah loro iki meneng wae, sombonge poll,” kata salah satu orang di belakang kami, yang menyebut kami sombong banget karena daritadi diam saja. “ben nak sombong-sombong disikep wae mengko!” jawab yang di depan kami. Demi mendengar kalau tetap sombong nanti akan dipeluk maka aku menarik tangan temanku dan cepat-cepat berjalan ke seberang jalan dan menjauh dari mereka. Terdengar suara tawa mereka, mungkin mereka menertawakan tindakan kami yang langsung mengatur langkah seribu.
Lain lagi cerita saat aku pergi ke seberang pulau bersama tiga orang temanku. Setelah menyeberang dengan kapal

Nah apalagi yang ada dalam otakku? Aku hanya berpikir semua dengan penampilan seperti itu adalah sama. TITIK!! Kemudian kami, aku dan teman-temanku menyebut mereka gondes alias gondrong ndeso.

Tapi cerita kemuadiaun berbalik 180 derajat.
Tahun 2007, aku mulai mengenal sosok Abe. Abe bukan nama aslinya, tapi Abe adalah sapaan buat kakak lelaki di daerah Kelantan, Malaysia. Ya, aku memanggilnya begitu, karena aku telah menganggapnya seperti seorang kakak. Abe adalah salah TKI yang ada di Malaysia yang berasal dari Tuban. Pertama mengenalnya waktu kami sama-sama chat di portal WAP nya MAXIS, salah satu provider di Malaysia. Pada saat itu banyak kenalanku orang-orang melayu. Tapi ternyata ada juga TKI sepertiku. Sosok Abe yang pengertian, sabar dan sering bergurau, membuat aku semakin akrab. Ketakutan yang pernah bersemayam, tentang TKI lelaki di Malaysia perlahan sirna.
Apalagi setelah mengenal Abe lebih dekat dan bertukar gambar. Bisa dibayangkan, gimana sosok Abe?? Dari gambar yang ia kirim, aku benar-benar terkejut, ga nyangka kalo Abe sama seperti sosok yang aku takutkan selama ini. Rambutnya panjang,keriting lagi, sangar banget.
Tapi herannya aku ga takut lagi, hanya sms yang kukirim, “Abe sebenarnya ganteng lho kalo potong rambut. Jadi ga serem lagi” kemudian kujelaskan tentang ketakutanku dengan orang-orang gondrong seperti Abe yang tak lain kawan TKI di Malaysia ini, yang terkesan amburadul dan urakan. Kuceritakan gimana takutnya aku ketika harus berhadapan dengan orang-orang seperti itu. Abe hanya tertawa terkekeh-kekeh dengan ceritaku, kemudian ia menjelaskan bahwa itu pilihan yang ia jalani. Satu hal yang aku ingat, “Dek, jangan lihat mereka dari penampilan mereka. Ga semua dari mereka itu jahat. Rambut panjang dan kesan urakan itu memang benar, tapi kadang hati mereka lebih baik dari yang kita sangka.”
Akhir tahun 2007, Abe yang selama ini kosongan merencanakan pulang kembali ke tanah air. Kosongan adalah sebutan bagi mereka yang ada dalam Malaysia ini yang tanpa permit kerja alias ilegal. Maka malam itu aku tak henti-hentinya sms-an dengannya, sampai dia berhasil sampai Johor dan sesaat sebelum ia berangkat menyeberang dengan kapal. Di tanah air, sempat Abe menghubungiku beberapa kali, mengucapkan selamat hari raya dan sekedar bertanya kabar, sampai aku kehilangan jejaknya karena mungkin ia tukar nomer.
Pertengahan tahun 2008, masih di portal WAP yang dulu mempertemukan aku dengan Abe, kuterima sebuah pesan untuk segera menghubungi sebuah nomer. Abeku kembali! Ya, Abe dah masuk kembali ke Malaysia tentu saja sekarang dengan cara yang legal. Kami kembali berhubungan, masih sms-an dan saling cerita. Kebanyakan aku curhat dengan Abe, tentang apapun. Dan dengan sabar dia akan dengar segala keluh kesahku, bahkan dia akan ngasih solusi dengan bijak. Abe selalu mengingatkanku tentang kebaikan,dan menghiburku saat aku lagi sedih. Pernah dia buatku tertawa saat aku paksa dia kirim gambar terbarunya, dan traraaaaaaaaaaa…. Rambut yang dulu panjang dah habis, bersih. Tinggal rambut cepak yang ga sampe 1 cm, mungkin Abe habis potong gundul. Tambah ganteng dia kalo berambut cepak. “Ah, adek ni bikin Abe malu.”katanya. Sampai sekarang, setelah 3 tahun persahabatanku dengan Abe, masih saja sama. Dia masih Abe yang dulu, Abe yang selalu mengingatkan aku tentang kebaikan, Abe yang selalu yang menghiburku saat aku sedih, dan Abe si gondes yang baik hati, hehehehe.
Berawal dari Abe lah aku belajar, bahwa hati seseorang tak dapat dilihat dari penampilannya. Bisa saja, orang-orang rapi, ganteng, berdasi itu adalah pembohong yang jahat. Dan orang-orang yang kusebut gondes, yang notabene terkesan urakan dan amburadul itu ada banyak nilai yang bisa kita ambil. Intinya kata Abe jangan lihat dari penampilannya, salami dulu hati budinya.
Cerita lain pengalaman yang menarik dengan para gondes ini saat pertengahan tahun 2009 kemarin. Lagi-lagi aku ikut chat di salah satu provider di Malaysia yang menyediakan layanan untuk cari teman sesama pekerja Indonesia. Mulai gabung di sana berawal dari chatting dan kemudian berlanjut telepon konferen, yang biasa kami sebut onair-an. Dari sana kami saling mengenal lebih dekat dan saling berbagi cerita, tentang gimana pekerjaan mereka, tentang pengalaman mereka, berapa lama mereka kerja di sini dan masih banyak lagi hal yang aku dapat. Bertukar gambar adalah salah satu cara kami saling mengenali, dan ternyata banyak juga yang masih gondes (opst!! Maaf ya!!). Tapi aku ingat pesan Abe padaku dulu, jangan lihat mereka dari penampilan mereka, tapi kenali dulu mereka, baru kita bisa menilai apakah dia layak untuk kita jadikan teman atau patut dijauhi.
Paling berkesan dari kawan-kawan chat ini adalah rasa kebersamaan dari mereka, saat salah satu dari mereka ga ada kerja, maka yang lain akan mencarikan kerja di tempat yang mereka tahu. Maklum biasanya mereka memakai permit bebas, yang bermakna bisa berpindah tempat kerja dan cari majikan yang mereka inginkan, walau banyak juga yang kosongan. Dan juga pada saat bulan puasa tahun lalu, mereka selalu membangunkan aku tuk sahur, kemudian menemani makan sahurku lewat telepon konferen, jadi semangat makan sahurnya. Sayang pada saat lebaran aku ga bisa ikut kopdaran di KLCC. Tapi mereka tetap ingat aku, satu per satu telepon aku sambil ngiming-imingi kemeriahan acara kopdarannya. Menyesal karena ga bisa ikut pertemuan itu, padahal sudah diajakin bareng ma salah satu teman yang ada di seberang bahkan dibayarin tiketnya. Tapi tetap ga bisa ikut, karena lebaran kemaren merupakan lebaran terakhir bersama teman-teman serumah, dan cuti yang hanya 1 hari tidak memungkinkan untuk pergi ke Kuala Lumpur.
Akhirnya pas raya haji, aku bisa pergi ke Kuala Lumpur, karena pada saat itu aku cuti. Dan menghubungi beberapa teman, akhirnya aku bisa bertemu dengan mereka. Padahal saat itu aku cuma bermodal nekat, karena selama hampir 4 tahun aku belum pernah bepergian sejauh itu sendirian di Malaysia ini, apalagi aku ga ada tujuan sama sekali, ga kenal sama sekali. Setelah perjalanan selama 5 jam akhirnya sampai di terminal bus Puduraya, dan di sana aku dijemput salah satu dari mereka, kemudian menemui teman-teman yang lain, sambil makan di Kota Raya. Hari berikutnya jalan-jalan dan ketemuan sama yang lain lagi di Central Market, kemudian diajak karaokean di Sogo. Pengalaman yang sangat berkesan karena mereka baik padaku. Lagi-lagi apa yang dikatakan Abe dulu benar, bahwa penampilan tidak menjamin hati mereka.
Sekarang aku tak lagi memandang sebelah mata pada yang kami sebut gondes-gondes itu. Malah sekarang aku bangga pada mereka, tentang ketegaran mereka menantang matahari setiap hari, tentang ketangguhan mereka, juga tentang kesabaran mereka. Hidup itu pilihan bagi setengah orang, tapi bagi sebagian lagi, tak ada pilihan lagi dalam hidup. Aku yakin jika ditanya merekapun ga akan mau kerja berpanas-panasan tiap hari di negeri orang tapi itulah yang mereka jalani, karena di negeri sendiri tak ada pilihan buat mereka. Aku belajar tentang sebuah keikhlasan dalam diri mereka. Keikhlasan dalam menjalani hidup dan cara mensyukuri hidup. Nah sekarang aku ga perlu takut lagi dengan mereka, kalaupun nanti jika di bus atau di shopping complex aku berjumpa dengan sosok gondes-gondes lagi hanya pasang senyum aja. Tak perlu menampakkan muka ketakutan, jika mereka ngajak ngobrol dengan cara yang baik sebisa mungkin aku akan bersikap ramah.



Nah aku kemuadian ingat quote di atas, seperti dalam blog yang pernah aku baca “ jangan membenci mawar hanya karena pernah tertusuk durinya”. Dan sampai sekarang kata-kata itu aku ingat selalu, bahwa kita tak boleh berprasangka buruk pada orang hanya karena penampilan atau kejadian buruk yang ada pada masa lalu. Samapi sekarang aku selalu berusaha untuk berpikiran positif pada setiap orang. Yah, kata itulah yang menjadi the soundtrack of my life selama beberapa tahun ini.


(*terimakasih tuk Om Suga atas tulisan yang sangat menginspirasi)




Quote diambil dari blog om Suga http://bit.ly/jGpEgJ

Gambar mawar dari  http://bit.ly/jwaidn

Logo Swaragama di download dari : http://bit.ly/lRg95Q


23 comments:

  1. Hehe...bisa aja nih mengaitkannya dgn mawar. Keren...

    Ini tulisanku: http://0sprey.wordpress.com/2011/05/29/keadilan-tuhan-dalam-cinta/

    Keep blogging! :D

    ReplyDelete
  2. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Kegagalan tidak seharusnya membuat kita rapuh .,.
    tapi justru itulah cambuk kita menuju kesuksesan.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete
  3. LOWONGAN KERJA KE LUAR NEGERI

    TAIWAN PABRIK PRIA & WANITA
    Gaji : Rp 6 sd 8 juta
    Biaya paket A : Rp 21 juta (persyaratan ijasah SMA, tinggi badan 165 cm)
    Biaya paket B : Rp 23 juta (persyaratan umum)
    Biaya paket C : Rp 25 juta (persyaratan umum)
    Kontrak : 3 tahun
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    TAIWAN : PRT - BABY SITTER - PENGASUH ORANG JOMPO
    Gaji : Rp 5 JUTA
    Biaya : Gratis (potong gaji)
    Kontrak : 2 tahun, bisa memperpanjang
    Uang saku : Rp 3 juta
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    TAIWAN : PANTI JOMPO
    Gaji : Rp 6 juta
    Biaya : Rp 5 juta
    Kontrak : 2 tahun, bisa memperpanjang
    Uang saku : Rp 3 juta
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    HONGKONG : PRT - BABY SITTER - PENGASUH ORANG JOMPO
    Gaji : Rp 4.5 JUTA
    Biaya : Gratis (potong gaji)
    Kontrak : 2 tahun, bisa memperpanjang
    Uang saku : Rp 3 juta
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    SINGAPURA : PRT - BABY SITTER - PENGASUH ORANG JOMPO
    Gaji : Rp 3.5 JUTA
    Biaya : Gratis (potong gaji)
    Kontrak : 2 tahun, bisa memperpanjang
    Uang saku : Rp 3 juta
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    MALAYSIA : PRT - BABY SITTER - PENGASUH ORANG JOMPO
    Gaji : Rp 2.4 JUTA
    Biaya : Gratis (potong gaji)
    Kontrak : 2 tahun, bisa memperpanjang
    Uang saku : Rp 3 juta
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    MALAYSIA : PABRIK (khusus wanita)
    Gaji : Rp 2.5 JUTA
    Biaya : Gratis (potong gaji)
    Kontrak : 2 tahun, bisa memperpanjang
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    JOB MALAYSIA KONTRUKSI
    Total order : 110 pekerja
    Gaji pokok : RM 35/hari (belum termasuk lembur)
    Kontrak kerja : 2 tahun (bisa memperpanjang)
    Permit / levi : Free / Gratis (ditanggung majikan)
    Biaya proses : Wilayah Tulungaung dan sekitarnya gratis (full potong gaji)
    Biaya proses : Luar daerah Rp 2.500.000,-
    Potongan biaya : RM 2500 (diangsur 5 kali)
    Compeny : Bukut Maju / Nova Loyal SDN BHD
    Persyaratan : Usia min 18 tahun, maksimal 40 tahun.
    Proses di Jakarta - Jawa Tengah - Jawa Timur
    Silahkan hubungi kami di HP : 081 235 491 898 (Simpati). 087 858 111 096 (XL). Pak Agus
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. sangat mengharukan . tapi maaf nih sebelumnya .. saran aja ini tata letak atau template nya diganti , soalnya blognya cuma ditengah saja dan kecil jadinya panjang sekali ...thank you

    ReplyDelete
  5. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIREN dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIREN di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIREN saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIREN karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang











    Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIREN dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIREN di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIREN saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIREN karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang

    ReplyDelete
  6. saya sekeluarga mengucapkan terima kasih banyak yang sekian kalinya kepada KI SAKTI karna nomor togel MAGNUM4D yang KI SAKTI berikan 4D yaitu.4295.alhamdulillah ternyata tembus lagi ,saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan KI SAKTI karna beliau sudah banyak membantu kami sekeluarga dengan angka2 ghoibnya dan telah merubah kehidupan saya jauh lebih layak dari pada sebelumnya,berkat KI SAKTI kami sudah punya rumah sendiri dan juga punya usaha sendiri , dan sudah punya tabungan di BANK sudah begitu banyak. Peramal lain yang saya mintai angka jitu tidak ada satupun yang tembus malahan saya terlilit hutang yang lumayan cukup banyak,dan Akhirnya saya mendapatkan peramal togel yang asli saya akui kalau KI SAKTI memang peramal jitu dan pantas di ajungkan jempol,jika anda ingin merubah nasib anda dengan angka ghoib yang di jamin 100% jebol,hubungi KI SAKTI di nomor : 082-338-188-733 ,angka yang di berikan KI SAKTI jangan di ragukan lagi soalnya saya sudah membuktikannya sendiri,angka ghoib yang KI SAKTI berikan mulai dari 2d,3d,4d,sio semuanya tembus 100% , sudah 5 kali putaran saya menang Dan tidak pernah meleset , dan hanya KI SAKTI yang bisa menjamin 100% kemenangan,sekarang giliran anda membuktikannya sendiri, INI ASLI, BUKAN REKAYASAH !!! ….




    saya sekeluarga mengucapkan terima kasih banyak yang sekian kalinya kepada KI SAKTI karna nomor togel MAGNUM4D yang KI SAKTI berikan 4D yaitu.4295.alhamdulillah ternyata tembus lagi ,saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan KI SAKTI karna beliau sudah banyak membantu kami sekeluarga dengan angka2 ghoibnya dan telah merubah kehidupan saya jauh lebih layak dari pada sebelumnya,berkat KI SAKTI kami sudah punya rumah sendiri dan juga punya usaha sendiri , dan sudah punya tabungan di BANK sudah begitu banyak. Peramal lain yang saya mintai angka jitu tidak ada satupun yang tembus malahan saya terlilit hutang yang lumayan cukup banyak,dan Akhirnya saya mendapatkan peramal togel yang asli saya akui kalau KI SAKTI memang peramal jitu dan pantas di ajungkan jempol,jika anda ingin merubah nasib anda dengan angka ghoib yang di jamin 100% jebol,hubungi KI SAKTI di nomor : 082-338-188-733 ,angka yang di berikan KI SAKTI jangan di ragukan lagi soalnya saya sudah membuktikannya sendiri,angka ghoib yang KI SAKTI berikan mulai dari 2d,3d,4d,sio semuanya tembus 100% , sudah 5 kali putaran saya menang Dan tidak pernah meleset , dan hanya KI SAKTI yang bisa menjamin 100% kemenangan,sekarang giliran anda membuktikannya sendiri, INI ASLI, BUKAN REKAYASAH !!! ….




    saya sekeluarga mengucapkan terima kasih banyak yang sekian kalinya kepada KI SAKTI karna nomor togel MAGNUM4D yang KI SAKTI berikan 4D yaitu.4295.alhamdulillah ternyata tembus lagi ,saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan KI SAKTI karna beliau sudah banyak membantu kami sekeluarga dengan angka2 ghoibnya dan telah merubah kehidupan saya jauh lebih layak dari pada sebelumnya,berkat KI SAKTI kami sudah punya rumah sendiri dan juga punya usaha sendiri , dan sudah punya tabungan di BANK sudah begitu banyak. Peramal lain yang saya mintai angka jitu tidak ada satupun yang tembus malahan saya terlilit hutang yang lumayan cukup banyak,dan Akhirnya saya mendapatkan peramal togel yang asli saya akui kalau KI SAKTI memang peramal jitu dan pantas di ajungkan jempol,jika anda ingin merubah nasib anda dengan angka ghoib yang di jamin 100% jebol,hubungi KI SAKTI di nomor : 082-338-188-733 ,angka yang di berikan KI SAKTI jangan di ragukan lagi soalnya saya sudah membuktikannya sendiri,angka ghoib yang KI SAKTI berikan mulai dari 2d,3d,4d,sio semuanya tembus 100% , sudah 5 kali putaran saya menang Dan tidak pernah meleset , dan hanya KI SAKTI yang bisa menjamin 100% kemenangan,sekarang giliran anda membuktikannya sendiri, INI ASLI, BUKAN REKAYASAH !!! ….

    ReplyDelete
  7. saya sekeluarga mengucapkan terima kasih banyak yang sekian kalinya kepada KI SAKTI karna nomor togel MAGNUM4D yang KI SAKTI berikan 4D yaitu..2443..alhamdulillah ternyata tembus lagi ,saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan KI SAKTI karna beliau sudah banyak membantu kami sekeluarga dengan angka2 ghoibnya dan telah merubah kehidupan saya jauh lebih layak dari pada sebelumnya,berkat KI SAKTI kami sudah punya rumah sendiri dan juga punya usaha sendiri , dan sudah punya tabungan di BANK sudah begitu banyak. Peramal lain yang saya mintai angka jitu tidak ada satupun yang tembus malahan saya terlilit hutang yang lumayan cukup banyak,dan Akhirnya saya mendapatkan peramal togel yang asli saya akui kalau KI SAKTI memang peramal jitu dan pantas di ajungkan jempol,jika anda ingin merubah nasib anda dengan angka ghoib yang di jamin 100% jebol,hubungi KI SAKTI di nomor : 082_338_188_733 ,angka yang di berikan KI SAKTI jangan di ragukan lagi soalnya saya sudah membuktikannya sendiri,angka ghoib yang KI SAKTI berikan mulai dari 2d,3d,4d,sio semuanya tembus 100% , sudah 5 kali putaran saya menang Dan tidak pernah meleset , dan hanya KI SAKTI yang bisa menjamin 100% kemenangan,sekarang giliran anda membuktikannya sendiri, INI ASLI, BUKAN REKAYASAH !!! ….
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL KI SAKTI
    angka;GHOIB: singapura
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum
    angka”GHOIB; laos…
    angka”GHOIB; macau
    angka”GHOIB; sidney
    angka”GHOIB: vietnam
    angka”GHOIB: dubai
    angka"GHOIB thailand

    ReplyDelete


  8. DULUNYA AKU TIDAK PERCAYA SAMA BANTUAN DARI
    PERAMAL TOGEL,TAPI SEKARANG AKU SUDAH PERCAYA
    KARENA SAYA SUDA MEMBUKTIKA SENDIRI.KARNA ANGKA
    YG DIBERIKAN 4D BENAR2 TEMBUS 100% ALHAMBUHLILLAH
    DPT 750 JUTA.DAN SAYA SELAKU PEMAIN TOGEL,DAN KEPERCAYAAN
    ITU ADALAH SUATU KEMENANGAN DAN SAAT SKRAG SY TEMUKAN
    ORANG YG BISA MENGELUARKAN ANGKA2 GAIB YAITU MBAH GUNTUR
    JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA NAMANYA ANGKA GOIB ANDA BISA
    HUBUNGI LANSUNG MBAH GUNTUR DI NO_0853_2827_2384_SAYA
    SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GOIBNYA DEMIH ALLAH DEMI TUHAN.
    INI KISAH NYAT SAYA== call +62853 2827 2384

    ReplyDelete
  9. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<




    SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<






    SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    ReplyDelete
  10. sujud sukur berkat bantuan aki pramadi,,,dan berkat imformasi dari member-member aki pramadi,,,yang telah meyampaikan bahwa jika anda ingin mengubah nasib melalui angka togel ghoib hubungi AKI PRAMADI,,,dan TADI malam saya sudah buktikan berkat bantuan AKI PRAMADI,,,yang telah memberikan angka togel ghoib SGP 4D (6193) tadi malam 30-11-2015 akhirnya saya menang 500 juta,,,dan insyaallah saya bisa lunasi semua hutang-hutang saya yang lagi di BANK,,,sekali lagi saya ucapkan banyak-banyak terimah kasih kepada AKI PRAMADI,,,dan member-member.nya yang telah mengimformasikan keberhasilanya,,,dan saya turut mengimformasikan,,,jika anda merasa punya beban (hutang)yang sudah lama belum bisa terlunasi,,,dan ingin mengubah nasib lebih layak dibandingkan nasib yang sekarang seperti saya,,,dan member-member yang lain silahkan hubungi AKI PRAMADI DI nomor,,,082~349~535~132,,BELIAU BISA MEMBANTU DI PUTARAN APAPUN,ATAU ANDA BUTUH PESUGIHAN SILAHKAN HUB AKI PRAMADI DEMIKIAN KISAH NYATA DARI SAYA

    ReplyDelete
  11. sujud sukur berkat bantuan aki pramadi,,,dan berkat imformasi dari member-member aki pramadi,,,yang telah meyampaikan bahwa jika anda ingin mengubah nasib melalui angka togel ghoib hubungi AKI PRAMADI,,,dan TADI malam saya sudah buktikan berkat bantuan AKI PRAMADI,,,yang telah memberikan angka togel ghoib SGP 4D (6193) tadi malam 30-11-2015 akhirnya saya menang 500 juta,,,dan insyaallah saya bisa lunasi semua hutang-hutang saya yang lagi di BANK,,,sekali lagi saya ucapkan banyak-banyak terimah kasih kepada AKI PRAMADI,,,dan member-member.nya yang telah mengimformasikan keberhasilanya,,,dan saya turut mengimformasikan,,,jika anda merasa punya beban (hutang)yang sudah lama belum bisa terlunasi,,,dan ingin mengubah nasib lebih layak dibandingkan nasib yang sekarang seperti saya,,,dan member-member yang lain silahkan hubungi AKI PRAMADI DI nomor,,,082~349~535~132,,BELIAU BISA MEMBANTU DI PUTARAN APAPUN,ATAU ANDA BUTUH PESUGIHAN SILAHKAN HUB AKI PRAMADI DEMIKIAN KISAH NYATA DARI SAYA

    ReplyDelete
  12. Hai.. Sobat semua yg lg demen main judi togel, nih ada solusi yg tepat and akurat..
    Krna sy udah buktikan, kalau sobat mau tau info lebih lanjut Call aja Mbah Suro atau Eyang Suro di nmr 082354640471 di jamin deh brankas bandot pasti jebooll... Thanks sobaattt

    ReplyDelete
  13. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete
  14. kami sekeluarga ingin mengucapkan
    puji syukur kepada mbah jonoseuh
    atas nomor togel.nya yang mbah
    berikan 4 angkah alhamdulillah
    ternyata itu benar2 tembus
    dan alhamdulillah sekarang saya
    bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga dan bukan hanya
    itu mbah. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan mbah jonoseu
    sekali lagi makasih banyak ya mbah bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi mbah jonoseu,,di
    0823 4444 5588,dan saya sudah membuktikan sekarang giliran saudara yg di luarsana

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum....
    Salam ukhuwah islamiah buat semua saudaraku baik yang menjadi TKI/ TKW maupun yang ada di dalam negri.
    BISMILLAHIRROHMANIRRAHIM
    Mohon di maaf jika kehadiran saya di blog ini
    mengganggu kenyamanan pengguna blog,,
    Pertama-tama Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada ABAH SALEH yang telah membantu kehidupan keluarga saya, Dulunya saya cuma kerja jadi tukang ojek , penghasilan saya Hanya pas pasan untuk mengecukupi kehidupan keluarga saya..Alhamdulillah sekarang sejak saya bergabung jadi member (ABAH SALEH), Saya sudah berkali kali menang togel dan ini kemenangan saya yg Ke 3X nya kemarin di kasih angka ritual 4D,Syukur Alhamdulillah angka yg diberikan aki tembus lagi, Impian saya selama ini sudah jadi kenyataan kehidupan keluarga saya pun jauh lebih baik dari pada sebelumnya...
    Buat bapak/ibu yang ingin mendapatkan REJEKI melalui jalan TOGEL..
    Jika anda benar2 serius tertarik untuk mendapatkan angka hasil ritual MBAH SALEH Silahkan HUBUNGI Langsung MBAH SALEH DI NOMOR HP : 085-247-111-647

    ABAH SALEH atau biasa juga dipanggil MBAH SALEH tidak pernah mengobral janji manis…Fakta & Kenyataanlah yang berbicara......
    Insya Allah Anda Akan Berhasil Sukses Jika Anda Berani Mengambil Keputusan Untuk Mengikuti Ritual ABAH SALEH...!!!

    =**Untuk Info Lebih Jelas Cara Pengambilan Angka Ritual**=
    sekian terima kasih,wassalam...

    ReplyDelete
  16. Kami Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dibawah Garis Kemiskinan,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Karwo Mbah memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei, maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Karwo Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 300.000 Paket 3D Sebesar Rp. 500.000 Paket 4D Sebesar Rp. 700.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0852-3162-7267 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0852-3162-7267

    ReplyDelete
  17. SAYA IBU ROMLAH POSISI SEKARANG DI MALAYSIA
    SUDAH 8 TAHUN SAYA KERJA JADI PEMBANTU DI MALAYSIA
    MAU PULANG KE INDO TIDAK PERNA TERKABUL KARNA MASALAH KEUANGAN APALAGI HUTANG MASIH BANYAK SAMA TEMAN DI TAMBAH SAMA MAJIKAN SIANG MALAM SAYA SELALU MELAMUN KARNA TERLILIT HUTANG DAN SECARA KEBETULAN SAYA BUKA INTERNET ADA SESEORANG BERKOMENTAR SUKSES DENGAN CARA PASANG TOGEL KATANYA DI BANTU OLEH MBAH SERO KEBETULAN DI MALAYSIA ADA PEMASANGAN TOGEL JADI SAYA COBA HUBUNGI MBAH SERO SIAPA TAU INI REJEKI SAYA ANGKA YANG DI BERIKAN MBAH 6D TOTO TEMBUS 100% SYUKUR ALHAMDULILLAH SAYA SUDAH BISA MELUNASI HUTANG HUTANG SAMA TEMAN DAN MAJIKAN RENCANA MAU PULANG KAMPUNG UNTUK BUKA USAHA BAGI SAUDARAH SAUDARAH MAU SUKSES SEPERTI SAYA TERUTAMA YANG TERLILIT HUTANG SUDAH LAMA BELUM TERLUNASI JANGAN PUTUS ASA LANSUNG HUBUNGI MBAH SERO DI NO.HP: 082 370 357 999 ATAU BUKA BLOG MBAH KLIK PESUGIHAN TANPA TUMBAL SAYA JAMIN MBAH TIDAK AKAN MENGECEWAKAN PASTI ANDA SUKSES ATAU BIKTIKAN AJA SENDIRI..

    ReplyDelete
  18. PESUGIHAN PUTIH (DANA HIBAH ATAU DANA GAIB)
    anda lansung telpon.untuk menapatkan dari
    Kyai Rahmat 085824452855

    ReplyDelete
  19. atau klik https://danagaib-instant.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  20. sya ibu nhely seorang tkw asal jawa ...... sya mau berbagi sikit tentang seseorang yang telah membantu sya bayar hutang dan ada juga modal buat usaha,beliau itu seorang paranormal yang bernama Aki Mahardika (HP.085-315-709-179)yang sya tak tau dimana tepat untuk tempat tinggalnya tpi sya tak mau pening dngan hal tu yg jlasnya bliau sudah bantu dngan kasi sya angka togel 4 D yg tembus,hasil dari angka togel beliau sya pake bayar utang dan modal usaha padahal baru pertama sya pasang togel seumur hidup sya,sebelumnya sy tak tahu menahu tentang togel

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum wr,wb… 
    Saya TKI Bekerja Di HONGKONG...!!!

    Saya tak lupa mau mengucapkan terima kasih yg tak terhingga,Serta Rasa Kagum yg setinggi-tingginya kepada AKY JAYABAYA, Saya sudah bekerja sebagai TKI selama 8 tahun di HONGKONG,dengan gaji kurang lebih 2.jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Sya pun kepikiran sma suami sya,untuk bermain judi TOGEL dan meminta angka kepada AKY JAYABAYA Saya Menanyakan Cara Mendapatkan Angka Ritual Aky,Trus beliau menyebutkan caranya dan saya pun bersedia,Beliau bantu kasih angka 4D...akhirnya TEMBUS dan Alhamdulillah saya menang 527Juta, Sekarang saya sudah bisa buka usaha TOKO BUTIK dan melunasi semua utang2 saya... Saya benar-benar yakin dan percaya angka ghoib AKY JAYABAYA Benar2 Akurat Tembus 100%,,,Yang ingin merubah nasib seperti saya buruan CALL/TELFON AKY JAYABAYA di Nmr: 0823,3339,0858.
    Sekali Lagi Terima kasih Banyak AKY JAYABAYA jasamu takkan kami lupakan,Ini bukan janji tapi bukti.!!! 
    MAU BUKTI SILAHKAN HUB AKY JAYABAYA DI NO : 082333390858 
    Demikian Kisah Nyata Dari Saya Sekeluarga.

    Info Lebih Jelas Cara Mendapatkan Angka/Nomor Gaib Tembus 2D,3D,4D,5D,6D Click =>> http://rahasiangkatogel.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. Prediksi togel hongķong dan togel singapore Akurat 100% dan Arti Tafsir Mimpi

    https://www.klik4d.pw/kumpulan-makna-mimpi-badak-dalam-togel/

    https://www.klik4d.pw/prediksi-togel-akurat-sgp-tanggal-14-november-2019


    https://www.klik4d.pw/prediksi-togel-akurat-hk-tanggal-06-oktober-2019/


    INFO Pendaftaran Togel : http://159.89.197.59/register/
    INFO Prediksi Togel : https://www.klik4d.site

    Agen Togel BOLAVITA
    BONUS POTONGAN GAMES TOGEL ONLINE

    PERMAINAN TOGEL KLIK4D :
    2D = 29,25%
    3D = 59,25%
    4D = 66%

    PERMAINAN TOGEL Isin4D :
    2D = 30%
    3D = 59%
    4D = 66%

    Bolavita Sekarang Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sekarang Bosku Sudah Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL Minimal Deposit 25rb.

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete